• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Instalasi Listrik (Saklar dan Stop Kontak)

 on Sunday, September 2, 2018  

Instalasi Listrik mendengar kalimat itu tentunya tidak asing bagi kita semua. Pastinya setiap orang pasti akan mengalami, dan hal ini sangat penting bagi kita untuk faham dan tahu instalasi di rumah kita, sehingga kalau ada konsletting listrik pada rumah kita sendiri kita bisa menangani lebih dini.

Bagaimana kalau semua instalasi di rumah kita sudah ditangani oleh orang yang sudah membidangi di bidang Instalasi Listrik, hal ini sangatlah lumrah dikalangan perkotaan. Dimana setiap keluarga yang disibukkan dengan kegiatan atau rutinitas harian yaitu sebagai keluarga karier, akan tetapi walaupun semua ditangani oleh orang lain kita tentunya harus tahu dan faham bagaimana Instalasi Listrik dirumah kita walaupun kita tidak faham secara keseluruhan.

Berikut saya sajikan proses Instalasi Listrik pemasangan kabel pada Saklar dan Stop Kontak, yang biasanya dipasang di kamar-kamar rumah kita.

Saklar dan Stop Kontak

Saklar dan Stop Kontak : sisi muka


Unit perangkat listrik ini, kalau diperhatikan dari bagian sambungan antar kabelnya, memang sengaja dibuat untuk tujuan pemakaian perangkat elektronik tertentu. Terutama yang menggunakan steker berbentuk pipih dengan jenis kabel serabut isi dua kawat. Biasanya, model kabel ber-steker “pipih” seperti itu, sudah dilengkapi dengan isolasi ganda yang (katanya) bisa berfungsi sebagai pengganti kawat Arde.

Di bagian belakang unit stop kontak + saklar, saya melihat tulisan 6A (±1000 Watt) dan 250V yang sangat kecil. Mungkin menandakan batas maksimum pemakaian daya yang bisa diakomodir unit stop kontak + saklar tersebut.

Di artikel ini, saya sajikan beberapa foto yang menceritakan bagian-bagian jeroan beserta susunan kawat kabel yang semestinya terpasang di unit perangkat listrik stop kontak + saklar sesuai tujuan pemakaian yang kita inginkan dari unit tersebut.

Selain itu, saya sertakan juga ilustrasi skema sambungan antar kabel yang menjadi jalur arus listrik dari masing-masing tujuan pemakaian. Ilustrasi tersebut ditujukan untuk kondisi unit stop kontak + saklar yang dipasang di dinding. Sehingga, modifikasi sambungan antar kabel, penerapannya terjadi di atas langit-langit rumah.Memasang Saklar + Stop kontak Inbow

Jeroan stop kontak + saklar :
Saklar + stop kontak : sisi belakang - jeroan stop kontak  Saklar + stop kontak : sisi belakang - jeroan saklarJeroan Saklar + Stop kontak Inbow

Stop kontak Mengaktifkan Saklar
Susunan pemasangan kawat untuk kepentingan stop kontak menyalakan fungsi saklar :

Saklar + stop kontak : stop kontak mengaktifkan saklar Saklar + stop kontak : stop kontak mengaktifkan saklar

Jadi, model susunan kawat yang terpasang di unit stop kontak + saklar pada foto di atas, akan membuat sisi stop kontak selalu dalam keadaan siaga. Sementara, sisi saklar bisa digunakan untuk kepentingan lain, seperti misalnya menyala-matikan lampu.

Ilustrasi sambungan antar kabel untuk model pemasangan seperti itu adalah :


Saklar + stop kontak : skema susunan kawat kabel stop kontak mengaktifkan saklar
Cara Membuat Stop kontak mengaktifkan Saklar

Saklar Mengaktifkan Stop kontak
Sedangkan, susunan pemasangan kawat guna kepentingan saklar menyala-matikan stop kontak :

Saklar + stop kontak : saklar mengaktifkan stop kontak Saklar + stop kontak : saklar mengaktifkan stop kontak

Berbeda dengan sebelumnya, model susunan kawat pada foto di atas membuat kondisi siaga sisi stop kontak bergantung pada posisi saklar di sebelahnya. Jika saklar diposisikan “off”, maka stop kontak menjadi tidak berfungsi. Stop kontak baru bisa digunakan / aktif hanya dengan cara membuat saklar disebelahnya dikondisikan pada posisi “on”.

Ilustrasi sambungan antar kabel untuk model pemasangan seperti itu adalah :


Saklar + stop kontak : skema susunan kawat kabel saklar mengaktifkan stop kontak
Cara Membuat Saklar mengaktifkan Stop kontak

Penerapan pemakaian Stop kontak + Saklar…
Kondisi unit stop kontak + saklar setelah dipasangi kabel dan siap dilekatkan ke dinding :

Saklar + stop kontak : sisi mukaJika unit stop kontak + saklar in bow ini “tidak” dipasang di dinding, seperti (misalnya) di meja rias, maka cara penyambungan kabelnya pun bisa disamakan dengan saudaranya yang out bow. Unit terpasang tertanam di salah satu sisi meja rias, dimana saklar-nya difungsikan untuk menyalakan lampu dan stop kontak-nya difungsikan untuk menyalakan hair-dryer. Dengan begitu, sambungan kabel bisa disembunyikan di bagian dalam meja rias.

Sebenarnya, perangkat stop kontak + saklar ini sangat menarik dan menggoda untuk saya merasa perlu memasangnya di rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, kebutuhan menggunakan stop kontak yang lebih fleksibel dalam mengakomodir bentuk fisik steker yang beragam, menjadikan saya harus menentukan dan memutuskan untuk memilih memasang stop kontak TUNGGAL atau GANDA dibanding unit stop kontak + saklar.

Jadi, ada baiknya untuk mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk memasang perangkat listrik saklar + stop kontak in bow ini di rumah. Meskipun saat ini sudah ada model dengan bentuk lubang stop kontak yang bisa untuk menancapkan fisik steker berukuran besar; fleksibilitas dan kekuatan pemakaian perangkat listrik ini tetap tidak bisa disamakan dengan seandainya kita memasang saklar dan stop kontak yang digabung untuk tujuan yang sama (Men-saklar-kan Stop kontak…).

Instalasi Listrik (Saklar dan Stop Kontak) 4.5 5 Unknown Sunday, September 2, 2018 instalasi listrik stop kontak dan saklar Instalasi Listrik mendengar kalimat itu tentunya tidak asing bagi kita semua. Pastinya setiap orang pasti akan mengalami, dan hal ini sangat...


No comments:

Post a Comment

Followers

J-Theme