• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Detik-Detik Gerhana Matahari di Pulau Jawa

 on Tuesday, March 8, 2016  

Gerhana
Gerhana Matahari Total
Fenomena gerhana matahari di Indonesia begitu dinanti-nati oleh semua masyarakat dunia, begitu halnya juga dengan Indonesia Khususnya di Pulau Jawa. Yang menurut ilmuan bidang astronimi dimana gerhana matahari total akan terjadi pada tanggal 09 Maret 2016, dan hal ini sangat jarang sekali terjadi.

Pada hari ini Selasa, 08 Maret 2016 khususnya daerah Jember Jawa Timur mulai pukul 14.15 kondisi cuaca di daerah Jember dan sekitarnya diselimuti oleh awan mendung, pada pukul kurang lebih 15.00 Jember dikepung oleh hujan yang begitu derasnya. Banyak orang disekeliling Kota Jember beranggapan mungkin ini salah satu awal penyambutan Gerhana Matahari. Di Jember Perkiraan akan terlihat Mulai Pukul 06.55 sampai Pukul 08.37.

Di tahun ini Gerhana Matahari Total akan melintas di 12 provinsi di Indonesia pada 09 Maret 2016. Indonesia merupakan negara satu-satunya yang dapat menikmati Gerhana Matahari Total. Selama ini fenomena Gerhana Matahari Total seringkali dikaitkan dengan kebutaan, dan berbagai mitos lain sehingga kebanyakan orang melakukan sebuah ritual dalam penyambutan Gerhana Matahari, apakah itu benar?
lalu bagaimana melihat dengan aman?

Apa itu gerhana matahari ?
Gerhana matahari merupakan peristiwa di mana posisi Bulan, Matahari dan Bumi sejajar dan berada pada garis lurus.

Saat itu Bulan akan melintas diantara Matahari dan Bumi, untuk beberapa waktu cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang bayangan Bulan. Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi Matahari, akan tampak corona Matahari tampak seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi Bulan.  Seperti Ilustrasi Gambar di bawah ini yang diambil dari bbc.com

Ilustrasi Gerhana
Ilustrasi Gerhana Matahari
Titik Dimana Gerhana Matahari dapat dilihat ?
Gerhana matahari Total pada 9 Maret mendatang akan terjadi di Samudra Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana Matahari Total di wilayah daratan.

Di Indonesia gerhana matahari Total akan melintasi 12 provinsi; mulai dari Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba). Tetapi jalur totalitas gerhana tidak melalui semua kota di provinsi.

Bagi Anda di luar wilayah tersebut dapat menikmati gerhana Matahari meski tidak total yaitu Medan (77,6%), Denpasar (76.44%), Makassar (88,54%), Jayapura (73.79%). Sementara untuk Anda di Jakarta dan pulau Jawa akan menyaksikan gerhana matahari sekitar 50-60 persen.

Negara- negara di kawasan Asia Tenggara juga dapat menikmati gerhana matahari sebagian.

Apakah cahaya matahari saat gerhana menimbulkan kebutaan?

Detik-Detik Gerhana Matahari di Pulau Jawa 4.5 5 Unknown Tuesday, March 8, 2016 menyajikan dan memberikan informasi terbaru berita terkini Gerhana Matahari Total Fenomena gerhana matahari di Indonesia begitu dinanti-nati oleh semua masyarakat dunia, begitu halnya juga dengan...


No comments:

Post a Comment

Followers

J-Theme